Rabu, 21 November 2007

public transportation...oh my God!!!

Sewaktu gw kuliah,,,jarang banget gw naik angkutan umum,,karena jarak kampus dari tempat kos gw bisa ditempuh dengan cara berjalan kaki...gak sampai sepuluh menit..puff..udah sampai deh di kampus,jadi gak pernah merasakan yang namanya kena macet pas peaktime,naik angkot pun paling kalo gw lagi jalan-jalan ke mall atau ke tempat-tempat nongkrong lainnya....itu pun gw pasti pilih taksi...bukannya sombong atau apa,soalnya setelah dihitung-hitung ongkosnya,lebih murah naik taksi daripada naik bus,soalnya kan kalau naik taksi bisa patungan,jadi jatuhnya pasti lebih murah dibandingkan naik bus beramai-ramai...setelah gw kerja....baru deh gw merasakan yang namanya naik trasportasi umum...

Hari pertama kerja...jam setengah tujuh pagi gw udah berangkat soalnya takut kena macet (waktu interview perginya naik taksi sih..soalnya belum tau lokasinya dimana,,jadi biar gak nyasar...lebih milih naik taksi deh).Setelah malam sebelumnya dibekali "wejangan" dari teman satu kos bus mana yang harus gw naiki supaya sampai di lokasi ,akhirnya hari pertama kerja gw songsong dengan sukacita...akhirnya pagi itu gw sampai di kantor dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun walaupun gw mesti mengejar-ngejar bus dan sikut-sikutan sana sini supaya bisa dapat tempat yang pewe (posisi uwenakk..) soalnya busnya penuh dan terpaksa berdiri..gak sampai setengah jam gw dah sampai di kantor,,,,yahhh,,,,kepagian deh hahaha....bahkan receptionist-nya aja belum datang hahaha....pokoknya hari pertama kerja gak ada masalah berarti....tibalah waktunya pulang...

Setelah cukup lama menunggu di bawah jembatan penyebrangan sampai kaki gw rada-rada semutan...akhirnya bus yang gw tunggu-tunggu datang juga....wekss,,,,penuh banget...sampai menggantung di depan pintu segala,,,mau naik,,,rasanya diri ini gak rela berdesakan di tempat seperti itu...tapi apa boleh buat...daripada lebih lama lagi berdiri mematung di bawah jembatan penyebrangan,akhirnya seluruh tenaga gw kerahkan supaya bisa masuk kedalam bus bernomor 213 itu...begitu naik,,,,dengan susah payah gw nyelap-nyelip (bahasa indonya apa sih ya??) supaya gw bisa dapat posisi pewe,,seketika itu juga penciuman gw mencium bau semerbak yang cukup membuat kepala pening,,,maklum semua penumpang yang berdiri bergantung pada sepotong (??) besi yang berada di bawah atap bus kecuali gw,,,soalnya tangan gw gak sampai sih buat menjangkau besi tersebut (maklum,,,kurang tinggi),,,hmphh,,,kalo tadi pagi gw semerbak mencium bau eh wangi parfum,,,sore itu gw mencium sesuatu yang sangat berbeda sampai-sampai gw susah mendeskripsikannya....kalau tadi paginya hanya butuh waktu setengah jam untuk sampai di kantor,,,sore itu gw butuh waktu sampai nyaris 2 jam dari sudirman ke slipi..oh my God...betis gw sampai berkonde karena kelamaan berdiri...

Semua orang menyalahkan proyek busway sebagai alasan terjadinya kemacetan di jakarta,,,jadi yang sebelumnya sudah macet,malah makin menjadi macet setelah adanya proyek busway...memang yang namanya kena macet itu gak enak apalagi kalo berada di posisi saya...berdiri selama nyaris 2 jam,berhimpitan dengan penumpang lainnya seperti sarden sambil mencium bau semerbak waahhh...cukup membuat emosi naik juga sih,,,ketika kaki terinjak penumpang lain tanpa ada permintaan maaf dari pelaku,,,cuma mau marah juga percuma,,,dalam kondisi berhimpitan seperti itu,,untuk mencari sang pelaku pun agak sulit,,lah wong mau liat kaki sendiri aja susah kok hahahhaa....

Pernah suatu saat ketika gw mencoba pulang dengan menggunakan taksi,yang biasanya gw hanya menghabiskan gak lebih dari 15 ribu rupiah saat berangkat kerja....sore itu gw menghabiskan 50 ribu rupiah hanya untuk jarak dekat dari sudirman ke slipi saat hendak pulang...wahhhh bandingkan aja bedanya dari 15 ribu ke 50 ribu????bandingkan juga harganya kalau gw naik bus umum yang hanya 2 ribu rupiah ke tujuan yang sama,,wahhh bisa bangkrut tuh kalau tiap hari pulang naik taksi hahahaha....

Lama-lama gw terbiasa juga menghadapi kemacetan di kota jakarta ini...habis mau bagaimana lagi??gw kan bukan pejabat yang tiap gw lewat,mobil-mobil bisa gw suruh minggir semua,,gw juga buka miliyuner yang bisa naik helikopter kemana-mana,,,,gw cuma bisa naik bus tiap hari,,,,mobil pribadi aja gw gak punya (untungnya gak punya...bisa rugi di bensin gw kalo naik mobil pribadi hahaha) kadang-kadang gw berpikir begini....apa para pejabat itu gak mikir ya kesusahan rakyat kecil,,,,coba sekali-sekali mereka disuruh naik angkutan umum seperti metromoni atau kopaja sambil menikmati kemacetan jakarta, gimana jadinya ya???upss....jangan metromini atau kopaja deh,,,suruh aja naik busway yang katanya nyaman ber-AC dan bebas macet,,,,tapi ngantrinya bisa bikin pingsan!!!!....mereka mau gak ya????
nasib-nasib jadi orang kecil hehehe...gak apa-apa deh,,,yang penting merakyat,,

blezz ya!!

Tidak ada komentar: